IP

12 Okt 2012

Peranan dan fungsi Bahasa Indonesia

Pengertian Bahasa..
Secara umum bahsa dapat di definisikan sebagai lambang. Bahasa merupakan alat komunikasi yang berupa system lambang bunyi yang dihasilkan alat ucap manusia.
Bahasa terdiri atas kata kata atau kumpulan kata, masing masing nya punya makna, yaitu hubungan abstrak antara kata sebgai lambang dengna objek atau konsep yang diwakili kumpulan kata atau kosakata itu oleh ahli bahasa disusun

secara alfabetis, atau menurut urutan abjad, serta penjelasan artinya yang kemudian dibukukan menjadi sebuah kamus atau leksikon.
Peranan Bahasa Indonesia dalam Konsep Ilmiah
Peranan Bahasa Indonesia dalam Konsep Ilmiah adalah sebagai  salah satu alasannya adalah adanya data, simpulan  dan informasi lainnya yang terkandung dlam karya ilmiah tersebut dijadikan acuan untuk dilaksanakannya penelitian atau pengkajian selanjutnya oleh ilmuan lain. Jadi jika bahsa yang dipakai penulis dalam penulisan karya ilmiah dan sebgainya tidak memakai atau tidak menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar maka dapat disimpulkan bahwa karya ilmiah tersebut tidak dapat dijadikan acuan atau referensi untuk kegiatan pengkajian selanjutnya dan mungkin karya ilmiah tersebut tidak bisa dipertanggung jawabkan.
Fungsi Bahasa Indonesia secara umum
a). Sebagai alat komunikasi

  • Bahasa sebagai alat komunikasi, bahasa merupakan alat untuk merumuskan maksud kita.
  • Dengan komunikasi, kita dapat menyampaikan semua yang kita rasakan, pikirkan, dan ketahui kepada orang lain
  • Dengan komunikasi, kita dapat mempelajari dan mewarisi semua yang pernah dicapai oleh nenek moyang kita dan apa yang telah dicapai oleh orang-orang sejaman kita.
  • Bahasa adalah alat untuk berkomunikasi melalui lisan (bahsa primer) dan tulisan (bahasa sekunder). Berkomunikasi melalui lisan (dihasilkan oleh alat ucap manusia), yaitu dalam bentuk symbol bunyi, dimana setiap simbol bunyi memiliki cirri khas tersendiri. Suatu simbol  bisa terdengar sama di telinga kita tapi memiliki makna yang sangat jauh berbeda. Misalnya kata ’sarang’ dalam bahasa Korea artinya cinta, sedangkan dalam bahasa  Indonesia artinya kandang atau tempat.
  • Bahasa sebagai sarana komunikasi yang mempunyai fungsi utama bahasa  adalah bahwa komunikasi ialah penyampaian pesan atau makna oleh seseorang kepada orang lain.
  • Bahasa merupakan akibat yang lebih jauh dari ekspresi diri.
  •  Penggunaan bahasa sebagai alat komunikasi, memiliki tujuan tertentu yaitu agar kita dipahami oleh orang lain. Jadi dalam hal ini respons pendengar atau lawan komunikan yang menjadi perhatian utama kita.
b). Sebagai alat untuk mengembangkan ilmu
      pengetahuan
Sebagai sarana berfikir, juga sarana pendukung pertumbuhan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tanpa peran bahsa, ilmu pengetahuan dan ilmu teknologi tidak akan berkembang. Implikasinya, dalam pengembangan daya nalar menjadikan bahasa sebagai prasarana berfikir secara modern. Oleh karena itu, jika cermat dalam menggunakan bahasa, kita akan cermat pula dalam berfikir karena bahasa merupakan cermin dari daya nalar (pikiran). Dengan digunakan bahasa indonesia sebagai pengantar ilmu pengetahuan, salah tafsir atau makna ganda sedpat mungkin dihindari karena kata yang dipakai umumnya lebih bersifat denotatif dari pada konotatif, ungkapan yang dipakai sederhana dan tanpa basa basi.
Sumber : http://vhi3y4.wordpress.com/2010/02/27/fungsi-bahasa-sebagai-alat-komunikasi/http://adhitiannugraha.blogspot.com/2012/05/peranan-bahasa-indonesia-dalam.html

0 komentar:

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
 
Copyright (c) 2010 indecember92's blog. Design by WPThemes Expert
Blogger Templates by Buy My Themes.