IP

23 Mei 2014

Pengaruh Transaksi di Internet Terhadap Perkembangan Keputusan di Masa Depan

Belakangan ini sepertinya teknologi kita jauh semakin canggih dibandingkan dengan beberapa tahun lalu. Perkembangan teknologi ini membawa banyak perubahan dalam gaya hidup kita, misalnya yang paling terlihat adalah pada gadget dan kecenderungan beraktivitas di dunia maya. Internet memiliki peran penting bagi kita untuk mengenalkan kita kepada dunia maya.
Namun saat ini, dengan adanya istilah online shop. Pengertian dari online shop adalah salah satu sistem jual beli yang menggunakan sistem yang terintegrasi atau terhubungkan dengan media online. Belanja online ini bisa dengan melalui chatting yang langsung dilakukan di website yang memeberikan fitur chat tersebut. Di Indonesia ini banyak yang sudah melakukan sistem belanja online, contohnya adalah bhinneka.com, lazada, bli-bli, dan masih banyak toko online yang memberlakukan sistem jual beli online dalam menjual semua produknya. Banyak juga toko-toko online yang menjadi reseller dari sebuah brand tertentu yang pada akahirnya tertarik untuk melakukan penjualan online pada websitenya.

Beberapa keuntungan online shop yang membuat sistem online shopping ini menjadi cara belanja favorit para calon pembeli, termasuk juga wanita yang hobi belanja. Adapun keuntungan dalam membeli barang yang diinginkan kapan saja tanpa ada batas waktu. Contohnya seorang wanita yang sibuk bekerja, mengurus rumah atau kuliah tetap bisa membeli melalui toko online website online walaupun sudah jam 11 malam.

Tapi terkadang, ada hal yang tidak diinginkan saat berbelanja dengan media online shop. Barang yang kita beli, terkadanf tidak sesuai dengan harapan kita. Contoh saat membeli baju kaos, bahan ternyata terasa kasar sehingga saat digunakan terasa panas. Ini disebabkan karena kita hanya melihat picture atau gambar dari handphone atau laptop yang terlihar baju kaos tersebut bagus dan baik-baik saja.

Inilah salah satu contoh bentuk transaksi di internet. Ada kekurangan dan juga ada kelebihan, sehingga kita dapat menilai masing-masing tentang online shop.

Berbelanja di Online Shop tentu memiliki dampak bagi kita, ada dampak positif dan negatif. Dampak positifnya belanja jadi jauh lebih praktis, kita tidak perlu keluar rumah untuk pergi ke mall. Sekarang ini  banyak sekali owner yang tidak hanya menjual di toko tetapi juga menjualnya via Online jadi mereka juga memiliki website sendiri atau akun sosial untuk mempromosikannya.

Dan kita juga bisa berbelanja Online Shop dari luar negeri contohnya di e-Bay, Amazon, dan lainnya. Sudah banyak situs Online Shopping luar negeri yang memberikan free shipping ke indonesia.

Dampak negatifnya dari berbelanja via Online:

  1. Kasus salah pengiriman barang atau barang tak kunjung sampai sering sekali terjadi jika kita membeli di Online Shop. 
  2. Kualitas barang berbeda dengan yang ada di gambar. Terkadang juga bisa terjadi saat pengiriman barang yang menyebabkan barang rusak.
  3. Penipuan, banyak kasus dimana si pembeli sudah membayar tetapi barang yang dibeli tidak dikirim.
  4. Hedon, sifat ini sebenarnya berbahaya bagi kita. Biasanya bagi pemilik sifat hedon dengan berbelanja dengan cara yang praktis dan harga yang murah bisa menyenangkan hati mereka tetapi bisa jadi pemborosan dan membeli barang yang tidak diperlukan.

Oleh karena itu untuk meminimalisir dampak negatif yang terjadi, telah adanya tindak pencegahan. Untuk hal penipuan maka sudah dibuat UU Informasi dan Transaksi Elektronik No 11 Tahun 2008. Dan juga untuk mengurangi penipuan dan adanya masyarakat yang antisosial maka dibuatlah suatu sistem transaksi yang disebut COD (Cash on Delivery). Sistem transaksi baru ini memungkinkan pelaku untuk memperkenalkan kebutuhannya lewat internet. Penjual akan menawarkan barangnya lewat situs jual beli dan pembeli hanya perlu mencari barang yang diinginkan lewat situs tersebut. Transaksi lewat internet pun terjadi, setelah mencapai kesepakatan (deal) maka pembeli dan penjual akan bertemu pada tempat yang telah ditentukan dan hanya tinggal menyelesaikan pembayaran dan pemberian barang yang diinginkan karena tawar menawar telah dilakukan melalui internet.

sumber:
http://ayundalarassatii.blogspot.com/2014/05/pengaruh-transaksi-di-internet-terhadap.html
http://yohanesalexander24.blogspot.com/2014/05/pengaruh-transaksi-internet-dalam.html

0 komentar:

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
 
Copyright (c) 2010 indecember92's blog. Design by WPThemes Expert
Blogger Templates by Buy My Themes.